PDF#4: Public Incorporation


Mahanagari merupakan suatu perusahaan dengan konsep mengangkat Bandung dari desain dan diaplikasikan pada oblong. Mahanagari ingin mempersepsikan Bandung kepada konsumen dengan menampilkan soul Bandung itu sendiri. Untuk itu, Mahanagari menerapkan crowdsourcing atau pengumpulan ide dari berbagai sumber dalam mempromosikan brand Mahanagari.

pdf4 (1)

Kampanye budaya dilakukan dengan berbagai cara promosi kreatif yang dilakukan Mahanagari untuk membangun kedekatan antara konsumen, perusahaan dan Bandung. Desain oblong mengandung berbagai pesan sosial dan dipromosikan dengan cara yang unik. Tidak seperti perusahaan lainnya yang membutuhkan dana cukup besar untuk membayar ikon, Mahanagari menggunakan Probono Brand Ambassador. Contohnya, untuk  mempromosikan oblong dengan konsep angkot, perusahaan membagikan kaos secara gratis kepada supir angkot dan turis internasional. Selain kaos sendirinya dapat tersebar ke mana-mana, pembagian kaos juga sebagai pengahargaan untuk orang-orang di lingkungan sekitar yang seringkali tidak kita sadari kehadirannya.

pdf4 (2)


Selain memanfaatkan media supir angkot, perusahaan mengganti kebiasaan perusahaan/toko yang membagikan flyer dengan pendekatan baru yakni : Freezemob yang dilakukan SPG toko. Biaya cetak flyer digunakan untuk menambah honor SPG. Inti dari promosi ini ialah pemanfaatan kreatifitas yang bisa diserap dari lingkungan sekitar.

pdf4 (3)


Segala jenis promosi yang dilakukan Mahanagari merupakan upaya untuk mengedukasi konsumen untuk mencintai Bandung. Jika konsumen mencintai Bandung, maka mereka akan mencintai Mahanagari dan akan terus membeli produknya. Inilah yang disebut mentransformasi benefit (cinta Bandung) menjadi profit (cinta Mahanagari). Perusahaan berusaha menjadi teman pada setiap stakeholdernya yakni konsumen dan perusahaan lainnya. Memberikan loyalitas dan pelayanan sebaik-baiknya yang tidak hanya pada saat trend saja, tetapi tetap konsisten saat krisis.Mengubah tren eksklusif jika hanya dipakai orang-orang tertentu menjadi trend jika memakai baju yang sama akan terlihat keren.

pdf4 (4)


Akhirnya crowdsourcing dapat merangsang kreatifitas perusahaan untuk menerima ide dari berbagai sumber dan mengembangkannya dengan lebih terbuka.

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author